Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri dan Kanan
Berbagai masalah memang sering kali menghampiri mobil pribadi kita,
khususnya bagi kendaraan yang pemiliknya jarang sekali melakukan
perawatan rutin baik itu yang memang diwajibkan ataupun yang bersifat
sebagai suplemen sehingga menyebabkan hal hal yang kurang menyenangkan
demikian.
Nah, kali ini akan dibahas masalah setir mobil yang terkadang lari ke kanan dan kadang juga lari kekiri ketika mobil berjalan di jalanan lurus. Bila memang setir tersebut hanya lari ke salah satu sisi saja ada kemungkinan setelan tie rod ada yang lari atau meleset sehingga harus disetel ulang, bisa dengan memutar bagian long tierod ataupun mencabut setir saja untuk meluruskannya.
Namun bila miringnya tidak tentu kadang kekiri dan kadang juga kekanan penyebabnya hanya ada dua hal saja, apa sajakah itu ? silahkan disimak dengan baik penjelasannya dibawah ini.
Penyebab kenapa understeel mobil bisa kocak atau rusak adalah karena faktor cara mengemudi mobil yang ugal ugalan, jalanan bergelombang pun digas poll dan atau dikarenakan komponen sudah termakan usia dan sebaiknya memang harus diganti. Satu satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan penggantian bagian kaki kaki mobil yang rusak dengan part ORIGINAL nya baru kemudian di spooring. Pastikan anda hanya menggunakan komponen original, sebab yang imitasi selain mudah rusak kembali, juga biasanya malah akan membuat setir menjadi keras dan susah belok karena dari segi bahan dan teknologi pembuatannya juga berbeda dengan yang aslinya.
Penyebab kenapa toe terlalu out adalah karena berubahnya sudut geometri roda yang diakibatkan penggantian komponen understeel ataupun bergesernya mur pengunci tie rod. Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara melakukan spooring mobil anda di tempat langganan yang anda sudah tahu kualitas hasil kerjanya.
Nah, kali ini akan dibahas masalah setir mobil yang terkadang lari ke kanan dan kadang juga lari kekiri ketika mobil berjalan di jalanan lurus. Bila memang setir tersebut hanya lari ke salah satu sisi saja ada kemungkinan setelan tie rod ada yang lari atau meleset sehingga harus disetel ulang, bisa dengan memutar bagian long tierod ataupun mencabut setir saja untuk meluruskannya.
Namun bila miringnya tidak tentu kadang kekiri dan kadang juga kekanan penyebabnya hanya ada dua hal saja, apa sajakah itu ? silahkan disimak dengan baik penjelasannya dibawah ini.
1. Bagian understeel mobil ada yang aus, kalah atau kocak
Adanya komponen kaki kaki yang sudah mengalami kerusakan, terutama pada bagian tierod atau long tierod akan membuat kondisi setir kemudi anda menjadi seperti diatas yakni miringnya tidak jelas alias tidak menentu. Ciri utama setir kadang miring kiri dan kadang miring kanan yang diakibatkan sudah rusaknya komponen kaki kaki ini adalah adanya freeplay yang besar di setir kemudi mobil sehingga kertika anda mngendalikan laju mobil harus selalu memegang setir dan sedikit sudah untuk digunakan manuver.Penyebab kenapa understeel mobil bisa kocak atau rusak adalah karena faktor cara mengemudi mobil yang ugal ugalan, jalanan bergelombang pun digas poll dan atau dikarenakan komponen sudah termakan usia dan sebaiknya memang harus diganti. Satu satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan penggantian bagian kaki kaki mobil yang rusak dengan part ORIGINAL nya baru kemudian di spooring. Pastikan anda hanya menggunakan komponen original, sebab yang imitasi selain mudah rusak kembali, juga biasanya malah akan membuat setir menjadi keras dan susah belok karena dari segi bahan dan teknologi pembuatannya juga berbeda dengan yang aslinya.
2. Karena sudut toe out terlalu lebar
Masalah yang menjadi penyebab kenapa setir mobil kadang miring kiri kadang miring kanan selanjutnya adalah disebabkan karena sudut roda terlalu out yang biasa dikenal dengan sebutan Toe - Out. Semakin melebar sudut toe out nya maka semakin liar pula setir kemudi mobil kalian, hal inilah yang membuat kenapa setir mobil miring tak beraturan. Ciri utama setir miring tidak jelas akibat sudut toe terlalu out adalah ketika anda mengemudi, setir mobil terasa aneh, liar dan bila setir diposisikan lurus maka tidak mau lurus, noleh kiri ataupun kanan.Penyebab kenapa toe terlalu out adalah karena berubahnya sudut geometri roda yang diakibatkan penggantian komponen understeel ataupun bergesernya mur pengunci tie rod. Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara melakukan spooring mobil anda di tempat langganan yang anda sudah tahu kualitas hasil kerjanya.
0 Response to "Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri dan Kanan"
Post a Comment