Asal Mula Suara "Gluduk gluduk" di Roda Depan
Berkendara dengan di temani suara "Gluduk gluduk" tentu saja menggangu kenyamanan dan membuat khawatir sang pengemudi. Apalagi jika bunyi tersebut sering muncul disepanjang perjalanan yang cukup rata.
Ya pada umumnya bunyi "Gluduk gluduk" terdengar saat mobil berjalan di jalan yang tidak rata, tapi apabila sudah parah bunyi tersebut pun akan muncul juga dijalan yang cukup rata.
Faktor utama penyebab bunyi tersebut ialah disaat melewati jalan berlubang, ditambah lagi dengan kecepatan yang tinggi saat melewati jalanan berlubang tersebut, efeknya banyak komponen yang oblak bahkan aus dan pada akhirnya minta dibelikan yang baru(Diganti).
Nah, apa saja sih hal yang dapat menimbulkan suara "Gluduk gluduk"? Berikut adalah komponen yang dapat menimbulkan bunyi tersebut
1. KARET BUSHING STABILIZER BAR AUS DAN STABILIZER JOINT SUDAH OBLAK
Hal pertama biang kerok penyebab bunyi "Gluduk gluduk" ialah rusaknya karet bushing stabilizer bar ditambah stabilizer joint yang sudah oblak dan aus. Biasanya kalo karet bushing yang rusak disebabkan oleh umur pemakain yang sudah lama(Aus termakan usia), karet bushing yang sudah lama, lama kelamaan akan mengeras, aus dan akhirnya pecah dan lepas dari tempat nya dan mengakibatkan besi stabilizer bar beradu dengan body sehingga menimbulkan bunyi "Gluduk gluduk" tersebut.
2. LONG TIE ROD DAN TIE ROD END OBLAK
Biang kerok kedua penyebab bunyi "Gluduk gluduk" pada roda depan yaitu ball joint yang berada di long tie rod dan tie rod end yang sudah oblak. penyebab oblak nya pun sama seperti karet bushing tadi yaitu karna termakan usia dan ditambah lagi tie rod dan balljoint rusak karna sering melewati jalan yang berlubang.
Nah, untuk mengeceknya angkat roda mobil secara aman kemudian goyangkan roda ke kiri dan ke kanan. Jika ban terasa dan tidak kencang besar kemungkinan long tie rod dan tie rod end sudah oblak.
3. BALL JOINT LOWER ARM DAN UPPER ARM OBLAK
Kali ini Balljoint lower arm dan Upper arm yang menjadi penyebab muncul nya bunyi "Gluduk gluduk", faktor nya pun sama seperti tie rod tadi yaitu karena pemakain yang sudah cukup lama dan sering melewati jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Untuk mengecek balljoint lower dan upper arm goyang ke atas dan kebawah, jika terasa goyang maka balljoint tidak kencang dan akhirnya menimbulkan suara "Gluduk gludug".
Intinya untuk Meminimalisir kerusakan pada kaki kaki usahakan jika sedang melewati jalan yang berlubang dengan kecepatan sewajarnya agar mengurangi resiko rusaknya pada komponen komponen tersebut.
Ya pada umumnya bunyi "Gluduk gluduk" terdengar saat mobil berjalan di jalan yang tidak rata, tapi apabila sudah parah bunyi tersebut pun akan muncul juga dijalan yang cukup rata.
Faktor utama penyebab bunyi tersebut ialah disaat melewati jalan berlubang, ditambah lagi dengan kecepatan yang tinggi saat melewati jalanan berlubang tersebut, efeknya banyak komponen yang oblak bahkan aus dan pada akhirnya minta dibelikan yang baru(Diganti).
Nah, apa saja sih hal yang dapat menimbulkan suara "Gluduk gluduk"? Berikut adalah komponen yang dapat menimbulkan bunyi tersebut
1. KARET BUSHING STABILIZER BAR AUS DAN STABILIZER JOINT SUDAH OBLAK
Hal pertama biang kerok penyebab bunyi "Gluduk gluduk" ialah rusaknya karet bushing stabilizer bar ditambah stabilizer joint yang sudah oblak dan aus. Biasanya kalo karet bushing yang rusak disebabkan oleh umur pemakain yang sudah lama(Aus termakan usia), karet bushing yang sudah lama, lama kelamaan akan mengeras, aus dan akhirnya pecah dan lepas dari tempat nya dan mengakibatkan besi stabilizer bar beradu dengan body sehingga menimbulkan bunyi "Gluduk gluduk" tersebut.
2. LONG TIE ROD DAN TIE ROD END OBLAK
Biang kerok kedua penyebab bunyi "Gluduk gluduk" pada roda depan yaitu ball joint yang berada di long tie rod dan tie rod end yang sudah oblak. penyebab oblak nya pun sama seperti karet bushing tadi yaitu karna termakan usia dan ditambah lagi tie rod dan balljoint rusak karna sering melewati jalan yang berlubang.
Nah, untuk mengeceknya angkat roda mobil secara aman kemudian goyangkan roda ke kiri dan ke kanan. Jika ban terasa dan tidak kencang besar kemungkinan long tie rod dan tie rod end sudah oblak.
3. BALL JOINT LOWER ARM DAN UPPER ARM OBLAK
Kali ini Balljoint lower arm dan Upper arm yang menjadi penyebab muncul nya bunyi "Gluduk gluduk", faktor nya pun sama seperti tie rod tadi yaitu karena pemakain yang sudah cukup lama dan sering melewati jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Untuk mengecek balljoint lower dan upper arm goyang ke atas dan kebawah, jika terasa goyang maka balljoint tidak kencang dan akhirnya menimbulkan suara "Gluduk gludug".
Intinya untuk Meminimalisir kerusakan pada kaki kaki usahakan jika sedang melewati jalan yang berlubang dengan kecepatan sewajarnya agar mengurangi resiko rusaknya pada komponen komponen tersebut.
0 Response to "Asal Mula Suara "Gluduk gluduk" di Roda Depan"
Post a Comment