-->

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Transmisi


Nah kali ini saya akan menjelaskan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi dan berapa liter oli transmisi yang dibutuhkan untuk menguras oli yang berada di Transmisi.

 Ganti dan Kuras Oli Transmisi merupakan dua jenis pekerjaan yang bisa dibilang tidak sama, alat, part, dan suku cadang yang digunakan pun tak sama, bahkan memiliki perbedaan waktu yang signifikan.
Biasanya untuk mengganti transmisi matic konvensional maupun  CVT dibutuhkan kurang lebih 3 sampai 4 liter. Berbeda jauh jumlahnya jika kita akan melakukan kuras oli transmisi, jika melakukan kuras oli transmisi kira kira dibutuhkan 12 liter dan prosesnya memakan waktu yang lumayan lama.

Kenapa berbeda? karena ganti oli itu hanya mengganti oli matic yang berada di dalam carter (Bak Penampungan Oli).
Nah, sedangkan kuras yaitu mengeluarkan atau mengganti seluruh oli yang berada pada sistem transmisi, itulah mengapa dibutuhkan jumlah oli yang lebih banyak.

Ada beberapa pemahaman untuk penggantian oli transmisi

Jarak Tempuh
Ada yang mengatakan bahwa penggantian oli transmisi dilakukan jika mobil anda telah menempuh jarak 15.000 km sedangkan dilakukan pengurasan jika sudah menempuh jarak 50.000 km.
Menurut saya pribadi penerapan ini ndak begitu efektif, logika nya jika kita rajin mengganti oli transmisi tanpa harus menjadikan jarak tempuh sebagai pacuan maka tidak perlu menguras oli transmisi. Sebab, oli selalu di perbaharui dan punya performa pelumasan yang baik.
Nah, kuras dilakukan jika sekiranya ada keterlambatan pada saat proses shifting(Pergantian Gigi), atau bisa juga muncul suara dengung.
Intinya selama pemilik rajin mengganti oli Transmisi maka tidak perlu di lakukan pengurasan.

Waktu Kerja
Penggantian Oli Transmisi saat ini tidak bisa lagi bergantung pada jarak tempuh karena melihat kondisi lalu lintas yang macet parah saat ini, patokan jarak sepertinya sudah tidak relevan lagi.
Untuk cari aman lebih baik penggantian oli transmisi jangan terpaku dengan jarak tempuh untuk pengguna yang kerap menghadapi kemacetan lalu lintas. Nah, lebih baik yang biasa nya ganti oli matic 15.000 km dengan kemacetan dan waktu kerja komponen yang lebih lama karena menhadapi kemacetan sebaiknya dipercepat pergantian oli nya menjadi 10.000 km. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan penurunan performa Transmisi matic dan Kuras oli.
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan

Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan
Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Pemahaman Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis", https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/084200615/salah-kaprah-pemahaman-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-otomatis.
Penulis : Aris F Harvenda
Editor : Agung Kurniawan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Transmisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel